Beijing (ANTARA) - Regulator pasar utama China pada Selasa (12/12) merilis hasil revisi regulasi mengenai standar industri dengan fokus pada pencegahan penggunaan standar tersebut untuk membatasi persaingan.

Regulasi yang mulai berlaku pada 1 Juni 2024 itu bertujuan untuk terus menyempurnakan lingkungan bisnis dan melepaskan vitalitas entitas bisnis, menurut Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar (State Administration for Market Regulation) China.

Regulasi tersebut melarang berbagai jenis tindakan, termasuk menggunakan standar industri untuk menetapkan kualifikasi insentif, menerbitkan izin dan sertifikasi, membuat persetujuan dan registrasi, serta membentuk standar evaluasi.

Regulasi itu juga melarang pemerintah untuk mengecualikan dan membatasi persaingan pasar melalui standar industri, tetapi mendorong publikasi standar tersebut pada platform layanan publik nasional untuk informasi publik.

Dalam tiga kuartal pertama tahun ini, sekitar 1.971 standar nasional baru telah disetujui dan diterbitkan, meningkat 110,6 persen secara tahunan (year on year). 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023