New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street ditutup sebagian besar lebih rendah pada Rabu (Kamis pagi WIB), karena perolehan laba yang lemah dan prospek suram dari Caterpillar menyeret Dow turun.

Indeks Dow Jones Industrial Average kehilangan 25,50 poin (0,16 persen) menjadi 15.542,24, mundur kembali dari rekor penutupan Selasa.

Indeks berbasis luas S&P 500 merosot 6,45 poin (0,38 persen) menjadi 1.685,94, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq datar, merangkak naik 0,33 poin (0,01 persen) menjadi 3.579,60.

Michael James, direktur perdagangan ekuitas pada Wedbush Morgan Securities, mengatakan kinerja mencerminkan pasar "overextended" setelah serangkaian rekor tertinggi baru-baru ini.

"Mengingat gerakan-gerakan besar pasar sudah terjadi, orang ingin mengambil beberapa eksposur dari lembar hari ini," kata James.

Alan Skrainka, kepala investasi di Cornerstone Wealth Management, mengutip satu laporan yang mengatakan bahwa sementara sebagian besar perusahaan telah mengalahkan perkiraan laba para analis, hanya 56 persen yang telah mengalahkan ekspektasi pendapatannya.

"Pendapatan sekarang menceritakan sebuah kisah ekonomi yang bergerak bersama dengan kecepatan yang cukup lamban," kata Skrainka.

Komponen Dow, Caterpillar, turun 2,4 persen setelah melaporkan penurunan laba 43,5 persen dan memangkas proyeksinya untuk setahun penuh karena melemahnya permintaan dalam segmen operasinya, terutama pertambangan.

Penyedia chip dan perangkat lunak Broadcom anjlok 15,1 persen setelah Citigroup menurunkan peringkat sahamnya menjadi "netral" di tengah kekhawatiran perusahaan itu bisa menderita dari perlambatan dan pasar jenuh untuk telepon pintar mutakhir.

Saham pengembang perumahan jatuh setelah lonjakan imbal hasil obligasi AS menghidupkan kembali kekhawatiran tentang hambatan potensial kenaikan suku bunga karena pemulihan perumahan.

Lennar Corp. turun 3,8 persen, PulteGroup merosot 4,6 persen dan Ryland Group jatuh 3,5 persen.

Apple melonjak 5,1 persen setelah keuntungannya datang di 7,47 dolar AS per saham, 16 sen di atas ekspektasi. Hasil itu didukung oleh penjualan yang kuat dari iPhone, sekalipun jika laba bersihnya turun 22 persen dari tingkat tahun lalu.

Perusahaan otomotif Ford naik 2,5 persen setelah keuntungannya melonjak 18,6 persen menjadi 1,2 miliar dolar AS, menyusul penjualan yang kuat di AS dan China.

Saingan Ford, General Motors, yang melaporkan laba pada Kamis, naik 1,5 persen.

Dalam non-laba baru, Dell ditutup 0,3 persen lebih tinggi dalam perdagangan yang bergejolak setelah sebuah konsorsium yang dipimpin oleh pendiri perusahaan Michael Dell meningkatkan usahanya untuk mengambil perusahaan swasta itu dari 13,65 dolar AS per saham menjadi 13,75 dolar AS per saham. Tawaran baru ini adalah "usulan terbaik dan terakhir," grup, kata kelompok konsorsium.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi negara AS berjangka 10-tahun naik menjadi 2,59 persen dari 2,52 persen pada Selasa, sementara pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 3,65 persen dari 3,59 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik, demikian AFP.
(A026/)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013