Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) menargetkan pembentukan Posko TPS (Tempat Pemungutan Suara) Gerakan Rakyat untuk Perubahan di seluruh kelurahan di Jakarta.

Co-Captain Timnas AMIN, Sudirman Said, optimistis target tersebut akan terealisasi pada akhir Desember 2023. Sebab, menurut dia, saat ini setiap hari selalu ada peresmian sejumlah Posko TPS untuk mengawal suara bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 tersebut.

"Karena kan DKI mudah dijangkau dan relatif sebarannya merata. Kalau di provinsi (lain), itu luas sekali," kata Sudirman saat ditemui di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Timnas Amin ajak warga manfaatkan libur akhir tahun bangun posko TPS

Selain di Jakarta, Sudirman memastikan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia juga akan terbangun Posko TPS. Namun, lanjutnya, hal itu tergantung kesiapan para personel tim kampanye di daerah.

"Meskipun saya hanya berkunjung ke empat daerah pada hari ini atau besok, tetapi kan teman-teman lain juga bergerak," tambah Sudirman.

Untuk wilayah lainnya, dia menargetkan Posko TPS bisa terbentuk pada bulan Januari 2024. Saat ini, Sudirman menyebut para relawan di wilayah Jawa Tengah sudah bergerak untuk membentuk posko tersebut.

"Tetapi di Jawa Barat juga bergerak, di Yogyakarta juga begitu, Banten," katanya.

Baca juga: Timnas AMIN: 820.000 posko TPS Gerakan Rakyat kawal Pemilu 2024

Posko TPS Gerakan Rakyat untuk Perubahan dibentuk oleh Timnas AMIN sebagai sarana konsolidasi di antara masyarakat pemilih pasangan calon Anies-Muhaimin.

Nantinya, posko itu menjadi pusat aktivitas masyarakat di level paling depan, yakni di sekitar TPS.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies janji libatkan difabel dalam menentukan kebijakan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023