Jakarta (ANTARA News) - Daging sapi yang didatangkan Perum Bulog dari Australia dilengkapi dengan sertifikat halal dan terjamin kualitasnya, kata Dirut Perum Bulog Soetarto Alimoesa di Jakarta, Kamis.

Kepada wartawan di Gedung Perum Bulog, Kamis, dia menyebutkan sertifikat halal itu dikeluarkan resmi oleh Supreme Council of Halal Meat in Australia (SICHMA), Islamic Co-Ordinating Victoria dan Western Australia Halal Autority (WAHA) yang diakui legalitasnya oleh Majelis Ulama Indonesia.

"Jadi, dagingnya halal semua. Masyarakat tidak perlu ragu lagi," tegasnya.

Sutarto menyatakan, untuk persiapan Hari Raya Idhul Fitri, Bulog mendatangkan 1.093,8 ton daging sapi segar dari Australia yang dikirim  bertahap mulai Rabu kemarin sebanyak 64,68 ton.

Hari ini, sudah datang 85,41 ton, sedangkan terakhir besok Jumat sebanyak 96,97 ton berlabuh di Tanjung Priok.

Sutarto melanjutkan, dari daging impor yang masuk, telah disalurkan ke pasar 46,89 ton dengan harga jual mulai Rp67.000 sampai Rp77.000 per kilogram.

"Kami sudah salurkan lewat operasi pasar yang kita lakukan dengan harga relatif murah. Kalau harga yang harus dijual kan harusnya Rp80 ribu sampai Rp85 ribu," katanya.

Dirut Bulog mengharapkan masyarakat tidak panik dan khawatir kekurangan daging selama hari raya, sedangkan Bulog sendiri siap memenuhi dan menggelar operasi pasar untuk memastikan masyarakat mendapatkan daging dengan harga murah, berkualitas dan memenuhi standar kesehatan.

Pewarta: Subagyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013