Denpasar (ANTARA News) - Promosi pariwisata Bali ke Jepang oleh pemerintah dan pelaku bisnis pariwisata setempat mulai membuahkan hasil cukup menggembirakan. Pelancong asal Jepang yang datang ke Bali tercatat bertambah 17,87 persen menjadi 96.013 orang selama Januari-Juni 2013.

Pengamat pariwisata Bali, Kawiana, di Denpasar, Jumat, mengatakan, "Ubud favorit turis Jepang."

Ia menyebutkan, turis Jepang yang datang berlibur ke Bali selalu yang terbanyak dan tetap berada di peringkat teratas, tetapi sekarang sudah dilampaui turis Australia dan China, kata dia.

Turis asal Jepang memang seharusnya bertambah banyak yang datang berlibur ke Bali dengan penambahan penerbangan dari Indonesia ke negeri itu pergi-pulang, terutama dari maskapai Garuda Indonesia.

Kawiana mengatakan, untuk mengembalikan kehadiran turis Jepang ke Bali, semua pihak hendaknya mau introspeksi dan berbenah diri untuk bisa menarik lebih banyak turis Jepang ke Bali di masa mendatang.

Masalah karakteristik wisatawan perlu diperhatikan, misalnya turis Jepang tidak mau menonton orang melakukan ngaben (upacara pembakaran mayat), sebaiknya jangan diarahkan untuk menyaksikan kegiatan masyarakat itu, kata dia.

Pewarta: I Ketut Sutika
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013