Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sekitar 300 pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Tanah Abang sudah setuju dipindahkan ke Blok G pasar tersebut.

"Saat ini sudah ada sekitar 300-an pedagang yang sudah mendaftarkan diri untuk masuk ke Blok G. Relokasi ini rencananya kita lakukan sehabis Lebaran," katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Ia menambahkan, pedagang lainnya saat ini masih dalam pendataan.

Jokowi menjelaskan, relokasi PKL ke Blok G baru dapat dilakukan usai Lebaran, setelah tempat tersebut selesai direnovasi.

"Sekarang ini, masih ada kerusakan di beberapa titik di Blok G. Selain itu, pembangunan jembatan penghubung dengan Blok F juga masih belum rampung. Ini semua harus kita selesaikan terlebih dahulu sebelum merelokasi para PKL," tuturnya.

Ia juga memastikan jumlah kios di Blok G Pasar Tanah Abang cukup untuk menampung PKL yang selama ini berjualan di luar pasar.

"Kita mencatat ada sebanyak 1.100 kios di dalam Blok G, sedangkan jumlah pedagangnya hanya sekitar 500 orang," ujarnya.

Pemindahan pedagang kaki lima yang sebelumnya berjualan di luar pasar tersebut dilakukan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas kendaraan di kawasan Pasar Tanah Abang.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013