Solo (ANTARA) - Presiden Kesatria Bengawan Solo Yakup Hasibuan menyatakan komitmennya untuk menjadikan tim yang dipimpinnya sebagai muara pembinaan bola basket di Kota Solo, Jawa Tengah. 

"Komitmen ini untuk menyikapi perkembangan atmosfer Liga Solo sebagai penyelenggara basket kelompok umur yang memerlukan muara sebagai puncak pembinaan," kata Yakup Hasibuan di Solo, Kamis.

Namun demikian, Yakup mengatakan kehadiran Kesatria Bengawan Solo tidak hanya bertujuan untuk kepentingan pembinaan atlet basket semata tetapi juga fokus untuk membantu mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan pemuda.

"Kami melihat antusiasme warga Solo saat acara launching sangat luar biasa. Kami tentunya berterima kasih atas sambutan ini, kami juga berterima kasih kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang mendukung Kesatria Bengawan dan pembinaan basket di Solo," katanya.

Menurut dia, Kesatria Bengawan Solo juga fokus pada prioritas Wali Kota Surakarta yakni sport tourism. Apalagi, Kesatria Bengawan Solo memiliki fans base yang sangat besar sehingga berpotensi mendukung perkembangan sport tourism di kota tersebut.

Yakup optimistis dengan kerja sama dan sinergi banyak pihak, Kesatria Bengawan Solo bisa terus berkembang dan berkontribusi aktif di banyak sektor di Kota Solo.

Sementara itu, Ketua Harian Perbasi Kota Solo Bayu Priamboro mengatakan hadirnya Kesatria Bengawan Solo sebagai puncak pembinaan basket di Solo. Selama ini, Perbasi Kota Solo telah menginisiasi banyak kejuaraan basket yang menyedot ribuan penonton.

Hal tersebut, lanjut dia, sesuai dengan cita-cita Perbasi Kota Solo yang tidak hanya fokus pada prestasi dan pembinaan atlet muda, tetapi bisa mengolaborasikan sport tourism Kota Solo.

"Sport tourism basket hingga saat ini, di Kota Solo terus berjalan. Beberapa waktu lalu trofi FIBA berada di Solo dan saat ini Solo punya Kesatria Bengawan Solo yang merupakan tim asli Kota Solo," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023