Bakauheni (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo meminta PT ASDP Indonesia Ferry mencegah penumpukan penumpang selama arus mudik Idul Fitri 1434 Hijriah dengan mengoptimalkan layanan, di tengah naiknya jumlah pemudik tahun ini 14,5 persen dari tahun lalu.

"Harus diberikan layanan optimal agar tidak terjadi kemacetan atau penumpukan penumpang dan menjamin kepastian pemudik terangkut semua dengan selamat sampai tujuan," kata Timur saat meninjau pengamanan mudik di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu.

"Sesuai pesan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Perhubungan agar ASDP memberikan layanan dengan kapal besar terlebih dulu saat penumpang padat dan saat penumpang kurang padat baru menggunakan kapal ukuran kecil agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan," kata dia.

Dia juga berharap ASDP bisa mengendalikan waktu sandar kapal agar layanan berjalan lancar.

Bersama Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Timur mendengarkan pemaparan dari Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko dan Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, untuk kemudian meninjau layanan mudik di Pelabuhan Merak Banten. 

Pewarta: Hisar Sitanggang
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013