Tasikmalaya (ANTARA News) - Jalur selatan Jawa Barat lintas Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, ramai lancar dilalui kendaraan pemudik, Sabtu siang.

Kepala Pos Pantau Kadipaten, AKP Syamsudaya mengatakan jalur Gentong sudah ramai dilalui berbagai jenis kendaraan roda dua dan empat dari arah barat atau Bandung menuju Tasikmalaya.

"Meskipun ada peningkatan arus tapi arus lalu lintas masih lancar," kata Syamsudaya.

Sejumlah anggota polisi sudah bersiaga di posnya masing-masing mulai kawasan Gentong atas atau perbatasan Tasikmalaya-Garut hingga Gentong bawah.

Sejumlah anggota di jalan pertigaan Pamoyanan juga tampak mengatur keluar masuk kendaraan di pertigaan yang merupakan jalur alternatif menuju Ciamis bagian utara.

Sepanjang jalur Gentong dari Bandung menuju Tasikmalaya diberlakukan satu arah, sedangkan arah sebaliknya dialihkan menggunakan jalan baru Lingkar Gentong.

Jalur Lingkar Gentong sepanjang 1,2 km resmi dibuka oleh Gubernur, Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Jumat (2/8) sore, untuk mengatasi kepadatan kendaraan di jalur lama di Gentong.

Sementara itu pihak kepolisian terus memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar tetap waspada melajukan kendaraannya saat melewati Jalur Gentong yang terdapat medan jalan menurun dan banyak tikungan.

Jalur Selatan Jabar merupakan jalur mudik antarprovinsi dan sejumlah daerah lainnya di Tasikmalaya, Ciamis dan Kota Banjar hingga menembus Cilacap, Jawa Tengah.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013