Haikou (ANTARA) - Provinsi pulau Hainan di China selatan mencatat peningkatan penjualan bebas bea offshore sebesar 25,4 persen secara tahunan (year on year) menjadi 43,76 miliar yuan atau sekitar 6,2 miliar dolar AS pada 2023, demikian disampaikan bea cukai setempat pada Senin (1/1).

Menurut Bea Cukai Haikou, ibu kota Provinsi Hainan, pada tahun lalu ada lebih dari 6,7 juta konsumen membeli 51,3 juta produk bebas bea di pulau tropis tersebut. Kedua data angka itu masing-masing meningkat 59,9 persen dan 3,8 persen.

Sejak awal tahun ini, Hainan memperkenalkan serangkaian langkah untuk menggenjot pemulihan konsumsi bebas bea, termasuk menyederhanakan prosedur pembelian, menerbitkan kupon konsumsi bebas bea, dan mengadakan promosi belanja bebas bea.

China merilis rencana induk pada Juni 2020 untuk membangun Hainan menjadi pelabuhan perdagangan bebas tingkat tinggi yang berpengaruh secara global pada pertengahan abad ini. Dalam beberapa tahun terakhir, provinsi pulau itu menjadi destinasi belanja yang menarik bagi konsumen dalam negeri.

Hainan, sebuah destinasi wisata terkenal, kini memiliki 12 toko bebas bea offshore.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024