Jakarta (ANTARA News) - Untuk memfasilitasi musim libur Lebaran tahun ini, ada sejumlah penerbangan tambahan yang berangkat dan datang di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

"Kebanyakan penerbangan tambahan untuk internasional. Ada tambahan karena ini masuk peak season," kata petugas bertanggungjawab (officer in charge/OIC) Frans Yosef yang ditemui di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat.

Ada 16 penerbangan tambahan yang berangkat dan datang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Rata-rata tujuan utamanya adalah negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia) dan Bangkok (Thailand).

"Kalau untuk (penerbangan) internasional ya banyaknya memang untuk liburan, sedangkan yang domestik mungkin untuk tujuan mudik," katanya.

Berdasarkan data dari Posko Lebaran 2013 di Bandara Soekarno-Hatta, secara kumulatif hingga H1 (hari pertama Idul Fitri) tercatat ada 1.290.222 penumpang yang datang dan berangkat di bandara ini, naik sekitar 2,64 persen dibandingkan pada H1 (Idul Fitri) pada 2012 lalu.

Secara spesifik, penerbangan internasional di Terminal 2 pada H1 memberangkatkan 12.677 penumpang dan kedatangan 13.013 penumpang.

"Juga ada penerbangan ekstra dari Hongkong, Taipei dan Arab Saudi. Tapi terkait peak season saja, bukan disebabkan oleh pulangnya para TKI," ungkap Yosef.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013