Beijing (ANTARA) - China mendapatkan momentum dalam setahun terakhir, dalam hal kualitas dan efisiensi pemeriksaan kekayaan intelektual (intellectual property/IP), menurut laporan pengawas industri negara itu pada Kamis (4/1).

Berbagai mode pemeriksaan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang beragam, yang secara konstan meningkatkan rasa keuntungan dari entitas inovasi, menurut Shen Changyu, Kepala Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional (National Intellectual Property Administration/NIPA) China.

Periode pemeriksaan rata-rata paten penemuan dipangkas menjadi 16 bulan, sedangkan periode pemeriksaan rata-rata pendaftaran merek dagang tetap selama empat bulan.

Sistem pemeriksaan dan pengambilan paten cerdas dioperasikan, dan sistem manajemen pemeriksaan merek dagang terus dioptimalkan dan ditingkatkan.

Pada 2023, tingkat akurasi pemeriksaan paten penemuan mencapai 94,2 persen, dan indeks kepuasan pemeriksaan paten mencapai 86,3, tetap berada di zona kepuasan selama 14 tahun berturut-turut.

Selain itu, total 921.000 paten penemuan, 2,09 juta model utilitas, 638.000 desain tampilan, 4,38 juta merek dagang terdaftar, dan 11.300 desain tata letak terdaftar untuk sirkuit terintegrasi telah disahkan pada 2023. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2024