Cianjur (ANTARA News) - Antrean penjang kendaraan yang terjebak macet total di Jalur Puncak-Cianjur, Jabar, pada Minggu sore, akhirnya mulai terurai setelah Polres Cianjur memberlakukan satu arah menuju Bogor.

Sebelumnya antrean panjang kendaraan menuju arah Bogor, sempat tidak bergerak selama beberapa puluh menit dengan panjang antrean mencapai 12 kilometer.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Irwandi mengatakan, setelah sempat terjadi antrean panjang kendaraan pemudik yang bercampur dengan wisatawan akhirnya mencair setelah diberlakukan sistem satu arah menuju Bogor selama satu jam.

"Menjelang sore volume kendaraan dengan ciri khas mudik serta wisatawan, terus bertambah jumlahnya. Sehingga sempat terjadi antrean hingga belasan kilometer," katanya.

Mendapati hal tersebut, setelah melakukan kordinasi dengan Polres Bogor, pihaknya memberlakukan sistem tersebut untuk mengurai antrean panjang kendaraan. Selain itu, tambah dia pihaknya mengarahkan pengendara ke beberapa jalur alternatif yang ada.

Namun upaya tersebut, tidak membuahkan hasil. Terlihat dari pantauan di sejumlah jalur alternatif mengalami hal yang sama, dimana antren penjang kendaraan tidak bergerak selama beberapa menit.

"Satu arah akhirnya dapat dilakukan karena kepadatan arus menuju Puncak dari Bogor mulai berkurang. Sehingga kami berlakukan sistem satu arah yang merupakan satu-satunya cara untuk mengurai antrian kendaraan yang terus memanjang," katanya.

Sementara itu, ratusan pengemudi yang terjebak satu arah dengan tujuan Cianjur, Bandung dan seterusnya, terpaksa memanfaatkan sejumlah peristirahatan untuk menunggu dibuka kembalinya jalur tersebut.(KR-FKR/Y003)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013