Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Komite Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat, Suaidi Marasabessy memastikan bahwa tidak ada money politics (politik uang) dalam konvensi Partai Demokrat.

"Penentu siapa peserta yang lolos dari konvensi adalah melalui survei atau polling kepada masyarakat. Masyarakat lah yang menentukan siapa Capres yang akan diusung Partai Demokrat, bukan petinggi ataupun orang yang memiliki pengaruh di Partai Demokrat," kata Suadi di Jakarta, Selasa.

Komite Konvensi, katanya, hanya menjaga agar tidak terjadi politik uang, yaitu melalui kode etik yang ditandatangani semua peserta konvensi.

Suadi juga menyampaikan, ada beberapa kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta agar lolos menjadi peserta konvensi.

"Tapi ada juga persyaratan tambahan, misalnya harus tanda tangan pakta integritas, termasuk kode etik didalamnya. Kalau dia pengurus partai lain, maka harus non aktif dari jabatan struktural. Dan syarat lainnya yang menyangkut kompetensi, kemampuan, punya jaminan manajemen diri, dan keberpihakan pada rakyat," kata Suaidi.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013