Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), menyatakan, anak muda dari komunitas ubah bareng akan menyisir Pulau Jawa untuk memberikan edukasi dan mengajak masyarakat yang belum tersentuh oleh media sosial serta internet.

"Yang saat ini diperlukan itu gerakan langsung secara tatap muka," kata juru bicara Timnas AMIN, Usamah Abdul Aziz, di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, anak muda yang tergabung komunitas ubah barang akan menyisir Pulau Jawa, dengan titik pertama dari Provinsi Banten.

Baca juga: Gerakan Muda Indonesia deklarasi dukungan untuk AMIN

Ia menjelaskan bahwa program tersebut direncanakan akan berlangsung selama 26 hari dengan menyasar warga yang tidak memiliki jaringan internet dan juga tidak mempunyai media sosial.

Menurut dia, gerakan tersebut diharapkan dapat menjangkau kalangan bawah, agar bisa mengetahui program, visi, misi, dan gagasan pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Baca juga: Timnas AMIN sebut Anies bakal sebarluaskan pembangunan manusiawi

"Kalau dari teman-teman ubah bareng ini akan bergerak dengan ekspedisi perubahan. Mereka bergerak dari Banten sampai ke Jawa Timur, selama 26 hari tanpa henti," tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini di media sosial sudah semakin tumbuh gerakan untuk mendukung pasangan AMIN, dan bahkan apa yang disampaikan terus menjadi pembicaraan oleh warganet.

Baca juga: Timnas AMIN minta semua sukarelawan awasi TPS dengan rekam dan foto

Ia mengaku Timnas AMIN tidak memiliki strategi khusus untuk meningkatkan pasangan AMIN di medsos, dan itu semua merupakan organik tanpa ada campur tangan dari tim.

"Kami tidak mempunyai strategi khusus di medsos, apa yang sekarang terjadi itu semua organik. Kami sama sekali tidak mendesain dan mengkondisikan itu. Karena setelah adanya program Desak Anies bisa mengalahkan gemoy, dan mendapat apresiasi dari publik," katanya.

Baca juga: Kaukus 89 yakin Anies mumpuni hadapi debat ketiga

Komisi Pemilihan Umum pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Baca juga: AMIN diharapkan beri peran strategis lebih banyak untuk perempuan

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2024