Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, kembali mengunjungi Blok G, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kunjungannya kali ini untuk langsung melihat proses verifikasi pedagang yang akan masuk serta memeriksa perkembangan perbaikan fasilitas.

Jokowi yang langsung disambut ratusan pedagang serta warga itu langsung melihat kondisi blok G mulai dari lantai dasar hingga lantai empat serta pos pendaftaran dan verifikasi.

"Pastikan proses ini tidak ada penyelewengan karena ini sudah sangat dipolitisir," kata Jokowi kepada Kepala Pasar Blok G, Warimin, di Tanah Abang, Selasa.

Dia juga berpesan bahwa pedagang Tanah Abang yang memang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta dipastikan mendapat tempat di Blok G Pasar Tanah Abang.

"Jangan sampai orang dari luar dapat, tapi orang sini enggak," katanya.

Jokowi yakin bahwa ketersediaan kios sudah melebihi jumlah PKL yang ada. Dia menyebutkan bahwa PKL yang ada di sekitar Blok G hanya berjunmlah sekitar 700 PKL sedangkan kios Blok G memiliki kapasitas 1.100 kios.

"Jadi kalau enggak cukup berarti ada main-main itu," katanya.

Sebelumnya, penataan PKL berupa relokasi ke Blok G dilakukan Jokowi mulai hari Minggu (11/8) lalu. Sebelumnya, pedagang yang ingin mendapat kios di dalam blok G harus mendaftar terlebih dahulu.

Penempatan masing-masing pedagang pun akan dilakukan secara adil yakni pengundian melalui sistem zonasi. Pengundian dilakukan setelah para pedagang melakukan verifikasi dokumen. 

Pewarta: Ade Junida
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013