Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar (Gus Imin) mengatakan syarat menang pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, antara lain, adanya partisipasi secara mandiri dari masyarakat.

"Syarat mutlak kemenangan adalah apabila ada gairah dan semangat yang tumbuh secara mandiri dan partisipasi dari bawah," kata Gus Imin dalam acara Deklarasi Keluarga Besar NU di Jakarta, Minggu.

Berdasarkan pengalamannya sebagai pimpinan partai pendukung paslon di empat pemilu sebelumnya, dia menilai bahwa kepercayaan masyarakat menjadi kunci penting supaya bisa memberikan semangat untuk mendorong partisipasi mandiri.

Saat ini di kubu AMIN sudah banyak partisipasi masyarakat secara mandiri. Hal itu, kata Gus Imin, dikarenakan visi dan misi perubahan yang dibawa oleh pasangan AMIN menjadi harapan bagi banyak orang.

Oleh karena itu, Gus Imin optimistis dalam kontestasi Pilpres 2024 AMIN bisa masuk putaran kedua.

"Kalau ada dua putaran, kami yakin AMIN masuk," katanya.

Baca juga: Keluarga Besar NU deklarasikan dukungan untuk AMIN
Baca juga: Gerakan Muda Indonesia deklarasi dukungan untuk AMIN


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024