Jakarta (ANTARA) - Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) mengatakan bahwa pemilih muda yang termasuk dalam generasi milenial dan generasi Z memiliki kecerdasan lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya.

"Mereka jauh lebih cerdas daripada generasi sebelumnya," kata Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN Hamdan Zoelva kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Zoelva mengatakan bahwa kecerdasan dua generasi tersebut tercermin dari pemahaman terkait dengan isu-isu kompleks seperti masalah pembangunan dan permasalahan sosial ekonomi lainnya. Selain itu, milenial dan Gen Z juga lebih menghormati etika.

"Mereka juga jauh lebih menghormati etika," ujarnya.

Selain memiliki kecerdasan yang lebih tinggi, kata mantan Ketua MK itu, pemilih muda juga memiliki tingkat partisipasi politik yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas di media sosial yang membahas isu politik didominasi oleh kedua generasi tersebut.

"Kami melihat di mana-mana mereka nonton bareng. Komennya melalui media sosial berbagai platform luar biasa," kata Zoelva.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TPN sebut data soal pertahanan yang disampaikan Ganjar bukan rahasia
Baca juga: Timnas AMIN: 2.000 simpul relawan terbentuk hingga akhir Januari
Baca juga: Pakar gestur nilai Prabowo tunjukkan emosi dalam beragam cara


Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024