Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menganggarkan Rp17 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 untuk Pemilu 2014.

"Belanja (spending) pemerintah itu besar, yakni Rp17 triliun belum lagi dari 12 parpol yang pasti mengeluarkan budget yang sangat besar," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa usai Pidato Kenegaraan Presiden di Gedung DPR, Jakarta, Jumat.

Hatta meyakini belanja pemerintah yang besar pada Pemilu akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi 2014. "Dampaknya sangat besar sekali. Jadi akan menggerakan ekonomi," ucapnya.

Sementara itu, dalam pidato kenegaraannya di DPR, Jumat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap Pemilu 2014 berlangsung lancar, tertib dan damai.

"Sungguh, ini sebuah perhelatan demokrasi yang sangat akbar, tidak saja bagi negeri ini, namun juga dalam bandingannya dengan pemilu di negara-negara demokrasi lainnya," ujarnya.

Presiden pun berharap agar penyelenggaraan pemilu nanti memenuhi standar yang berlaku secara universal, yang memenuhi asas bebas dan adil.


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013