Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia belum berrencana mengevakuasi warga negara Indonesia di Mesir seiring dengan memanasnya krisis di negara itu pascapenggulingan Presiden Mohammad Moursi.

"Tentunya yang menjadi tujuan utama kita adalah keselamatan warga negara kita apakah itu melalui repatriasi atau pemulangan. Saat ini disimpulkan belum memerlukan adanya evakuasi," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Menurut dia, pemerintah sejauh ini telah meminta WNI di Mesir untuk menghindari tempat-tempat berisiko konflik dan tidak terlibat dalam segala bentuk kegiatan yang dapat membahayakan diri.

Pemerintah juga menyarankan warga negara Indonesia sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Mesir. "Kementerian Luar Negeri memberikan saran agar warga negara kita menghindari berkunjung ke Mesir," katanya.

Hingga saat ini Kementerian Luar Negeri masih menerima laporan kelompok wisatawan yang berkunjung ke Kairo.

Marty juga mengatakan bahwa jika ada warga negara Indonesia yang ingin membantu rakyat Mesir hendaknya disalurkan melalui sarana yang tepat seperti penggalangan dana melalui Palang Merah.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013