Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari pada 15 Januari 2024.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Senin, mengatakan sebagian besar cuaca wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari dengan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 55-95 persen.
 
Selain itu, kata dia, angin bergerak  dari arah selatan hingga barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.
 
Ia mengatakan sebagian besar wilayah Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Sedangkan, Kota Cilegon pada siang hari berawan.

Baca juga: BMKG: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan lebat hari ini
 
Selanjutnya pada pagi hari seluruh wilayah Banten berpotensi cerah - berawan.
 
Namun demikian  BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir di wilayah Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.
 
Selain itu juga BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, dan Selat Sunda bagian selatan, karena tinggi gelombang di perairan itu mencapai 2,50 meter.
 
Sementara itu penyeberangan kapal di Pelabuhan Merak-Bakauheni relatif normal dan aman, karena tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara hanya 1,25 meter.

Baca juga: Jakarta cerah berawan pada Senin pagi

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024