Bandar Seri Begawan (ANTARA News) - Pengusaha Indonesia tidak perlu menakutkan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2015 karena sebenarnya kondisi persaingannya nanti tidak jauh berbeda dengan sekarang.

"Pengusaha Indonesia sebenarnya sudah berada dalam persaingan di tingkat ASEAN," kata Wakil Mendag Bayu Krisnamurthi, di Bandar Seri Begawan, Rabu, disela mengikuti Pertemuan Menteri-menteri ASEAN ke-45.

Salah satu pembicaraan utama pertemuan tersebut adalah perkembangan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Bayu mengatakan bahwa pengusaha Indonesia tidak kalah karena banyak yang sudah melakukan ekspor ke negara ASEAN. "Hanya mereka tidak tahu AEC (Asean Economic Community/MEA). Seolah-olah sesuatu yang menakutkan," katanya.

Bayu mengatakan salah satu tantangan pengusaha Indonesia ialah membangun kepercayaan diri. Mereka, katanya, nyaman dengan pasar yang besar sehingga saat diajak untuk pasar yang lebih luas di ASEAN, seringkali tidak percaya dan ragu.

Untuk itu, pengusaha Indonesia tidak usah takut, apalagi banyak negara yang sebenarnya kondisi daya saingnya lebih rendah dari Indonesia, katanya sambil menyebut beberapa negara.

"Ini pasar potensial," katanya, yang di dalamnya ada pasar yang bisa dimanfaatkan pengusaha untuk mengekspor produk yang sudah tidak sesuai dengan kondisi di Indonesia.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013