Pamekasan (ANTARA News) - Sebagian logistik Pemilukada Jawa Timur kini mulai didistribusikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan ke masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Menurut anggota KPU Pamekasan pada Bagian Kelompok Kerja Logistik Nuzulul Qurnain, Kamis, logistik pilkada Jatim yang telah didistribusikan ke PPK itu berupa formulir dan berkas-berkas lainnya yang dibutuhkan panitia penyelenggara Pilkada.

"Kalau kotak dan bilik suara masih belum kami distribusikan," kata Nuzulul Qurnain menjelaskan.

Menurut Nuzulul Qurnain, saat ini sortir surat suara dan pengepakan surat suara ke dalam kotak suara masih berlangsung. Disamping itu, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pengiriman logistik berupa kota dan surat suara, paling lambat tanggal 27 Agustus 2013 atau dua hari sebelum pemungutan surat suara.

"Kami juga belum mengetahui apakah surat suara yang dikirim KPU Jatim ke KPU Pamekasan itu ada yang rusak atau tidak," katanya menjelaskan.

Jumlah surat suara yang diterima KPU Pamekasan untuk pilkada Jatim pada 29 Agustus 2013 itu sebanyak 672.688 surat suara.

Jumlah surat suara sebanyak 672.688 itu sesuai dengan berita acara yang disampaikan KPU Jatim ke KPU Pamekasan, termasuk surat suara cadangan 2,5 persen untuk mengantisipasi kemungkinan adanya surat suara yang rusak.

Sementara, berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih, jumlah warga Pamekasan calon pemilih pilkada Jatim yang berhak menggunakan hak pilihnya pada pilkada 29 Agustus 2013 sebanyak 656.342 orang.

Dengan demikian, maka jumlah surat suara yang diterima lebih 16.346 surat suara, dan kelebihan surat suara itu merupakan surat suara cadangan dengan ketentuan 2,5 persen untuk masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013