Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan telah berkomunikasi dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengenai perkembangan situasi di Mesir dan kedua pemimpin memiliki pandangan yang sama untuk mengatasi permasalahan di negara itu.

"Tadi siang saya berkomunikasi dengan PM Malaysia untuk diskusikan bagaimana Indonesia dan Malaysia melihat perkembangan situasi di Mesir," kata Presiden dalam keterangan pers di Halaman Tengah Kompleks Istana Presiden Jakarta, Jumat.

Presiden mengatakan antara dirinya dengan PM Najib memiliki kesamaan pandangan.

"Alhamdulillah posisi sama yang intinya berharap permasalahan di Mesir bisa diselesaikan secara damai menuju rekonsiliasi nasional dan bisa dicegah jatuhnya korban jiwa," kata Presiden.

Selain bertukar pikiran dengan PM Malaysia, Presiden juga terus memantau perkembangan di Mesir dan berkomunikasi dengan Menlu Marty Natalegawa yang saat ini berada di New York, Amerika Serikat bertemu dengan sejumlah entitas yang ada di Perserikatan Bangsa-Bangsa termasuk Dewan Hak Asasi Manusia.

"Menteri sudah sampaikan pandangan dan posisi Indonesia," kata Presiden.

Mengenai evakuasi warga negara Indonesia yang ada di Mesir, Presiden mengatakan dalam beberapa hari terakhir kondisi di negara itu relatif membaik, namun pemerintah telah memiliki rencana sama seperti saat mengevakuasi WNI dari Libia dan negara lainnya saat diperlukan.

"Sampai saat ini belum ada keperluan evakuasi, kecuali ada mahasiswa yang memang ingin kembali akan difasilitasi," kata Presiden.
(P008/A035)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013