New York (ANTARA News) - Film hit Prancis "Amelie" akan diadaptasi menjadi pertunjukan musikal Broadway, kata komponis Amerika Serikat, Dan Messe.

Beberapa rincian telah diungkapkan tentang versi panggung film garapan Jean-Pierre Jeunet tahun 2001 yang mendapat pengakuan internasional itu.

"Saya gembira mengumumkan bahwa saya telah ditugaskan untuk mengadaptasi film 'Amelie' untuk Broadway," tulis Messe di halaman Facebook bandnya, Hem, pekan lalu seperti dikutip AFP.

Messe akan berkolaborasi dengan dramawan Craig Lucas dan komponis Nathan Tysen untuk mengadaptasi film yang melambungkan nama aktris Audrey Tautou itu menjadi pertunjukan Broadway.

Film yang meraup pendapatan 152 juta dolar AS di seluruh dunia itu bercerita tentang seorang pelayan pemalu yang berangkat dari lingkungan Montmartre di Paris dengan misi untuk membuat orang lain bahagia.

"Amelie" memenangkan empat Cesar Awards di Prancis dan dinominasikan untuk lima kategori Oscar, termasuk film berbahasa asing terbaik meski akhirnya harus pulang dengan tangan hampa.

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013