Roma (ANTARA News) - Dua gol pada debutnya dari Luca Toni (36) membuat Hellas Verona secara mengejutkan menang 2-0 atas AC Milan pada Sabtu, sedangkan rekrutan baru Carlos Tevez mencetak gol saat juara bertahan Juventus menang 1-0 di markas Sampdoria.

Tandukan khas dari mantan pemain internasional Italia Toni pada menit ke-29 dan 53 membuat tim promosi Verona mendapatkan kemenangan pada pertandingan pertamanya di Serie A selama 11 tahun, pertandingan pembuka liga musim ini.

Milan menampilkan permainan yang mengecewakan meski unggul terlebih dahulu pada menit ke-14 melalui Andrea Poli yang juga melakukan debutnya.

Kemenangan ini menghadirkan kegembiraan bagi para penggemar di Stadio Bentigodi yang telah menderita selama lebih dari satu dekade karena berkiprah di kompetisi strata kedua dan ketiga Italia, ketika rival lokal mereka Chievo Verona berkompetisi di Serie A.

"Mereka layak menang. Kami memulainya dengan baik dan kemudian kami berhenti bermain. Kami perlu bermain dengan lebih agresif," kata pelatih Milan Massimiliano Allegri.

"Kami harus memiliki sikap yang berbeda. Kami memilikinya selama 14 menit dan kemudian kami mulai membuat kesalahan-kesalahan dan mengekspos diri sendiri pada serangan-serangan balik."

Gol Tevez pada penampilan perdananya di liga sejak meninggalkan manchester City sudah cukup untuk memulai upaya Juve meraih gelar Liga Italia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dengan kemenangan atas Sampdoria di kondisi musim hujan di Genoa pada malam hari.

Pemain Argentina yang tidak terkawal ini dapat memasukkan bola ke gawang yang kosong setelah Paul Pogba menyambut umpan terobosan Arturo Vidal dan mengumpankannya kepada Tevez.

Malam yang sempurna

"Ini merupakan malam yang sempurna bagi saya. Tidak mudah untuk memahami bagaimana tim bekerja dengan begitu dini," kata pemain baru Juventus itu.

Sampdoria harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit terakhir ketika pemain pengganti Paolo Castellini diusir keluar lapangan atas pelanggaran kerasnya terhadap Stephan Lichtsteiner.

Setelah walikota Verona mengatakan pada Jumat bahwa penyerang Milan dan Italia Mario Balotelli membawa kerusakan terhadap dirinya sendiri, ironisnya pendukung tim tuan rumah justru memberi tepuk tangan pada sang pemain dan menyanyikan namanya.

"Kita berbicara terlalu banyak tentang hal ini, saya pikir orang-orang memberikan responnya pada hari ini," kata gelandang Verona Massimo Donati kepada Sky Sports.

"Saya berharap ini merupakan awal dari musim yang penuh perayaan dan berbagai kekecewaan namun dilakukan dengan cara yang baik."

Bagaimanapun, ketika Donati berbicara, para pendukung tim tamu mencopoti bangku-bangku stadion dan melempari para penggemar Verona setelah pertandingan.

Poli membawa Milan unggul ketika ia menyambut umpan dari Balotelli sebelum membuka jalan melewati dua bek dan menuntaskan peluang itu menjadi gol.

Pasukan Allgeri mampu menekan tuan rumah namun Verona, yang berada di antara favorit tim-tim untuk terdegradasi, memperbesar kendali di lini tengah dengan tekanan keras dan menyamakan kedudukan melalui Toni.

Verona memulai babak kedua dengan lebih baik dan semestinya dapat meraih keunggulan pada enam menit setelah turun minum ketika Christian Abbiati menepis tandukan keras Bosko Jankovic.

Dua menit kemudian pemain Serbia itu melepaskan umpan silang sempurna dengan bagian luar kaki kanannya untuk disambar Toni, yang mencetak gol ke-110nya di Liga Italia, dengan tandukan kepala, demikian Reuters.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013