Berlin (ANTARA News) - Franck Ribery dan Arjen Robben menyumbang gol ketika Bayern Munich mengalahkan Nuremberg 2-0 pada Sabtu untuk mempertahankan start sempurna mereka di musim ini, dan bergabung dengan tiga tim lainnya dengan sembilan angka di puncak klasemen.

Pada hari ketika Bundesliga merayakan perayaan ke-50 tahunnya, gol-gol dari Robben dan Ribery mengonfirmasi status favorit Bayern yang meraih tiga gelar pada musim lalu, sedangkan di tempat lain para wasit sibuk dengan tujuh kartu merah yang keluar dari tiga pertandingan.

Pemain Prancis Franck Ribery memecah kebuntuan pada menit ke-69 setelah tuan rumah menyia-nyiakan sejumlah peluang, mencetak gol dengan tandukan kepala untuk pertama kalinya di Liga Jerman. Robben menambahi satu gol setelah melakukan upaya solo spektakuler sembilan menit kemudian.

"Kami harus bekerja keras dalam mengonversi peluang-peluang kami," kata gelandang Bayern Bastian Schweinsteiger kepada para pewarta. "Kami tahu bahwa kami dapat bermain lebih baik daripada ini."

Dengan Mario Goetze melakukan penampilan pertamanya sejak menit awal untuk tim Bavaria sejak meninggalkan Borussia Dortmund pada musim panas dan dengan sesama gelandang Thiago Alcantara juga masuk tim inti, sudah jelas bahwa Bayern akan mengendalikan penguasaan bola.

Namun justru Nuremberg, yang mendapat peluang bagus pertama ketika tembakan Daniel Ginzcek dari jarak 20 meter membentur mistar gawang.

Tuan rumah mendapat hadiah penalti pada menit ke-33, meski terlihat sepertinya Robben yang melakukan pelanggaran, dan kiper Raphael Schaefer bergerak ke arah yang tepat ke sudut kanan untuk menggagalkan eksekusi David Alaba.

Bayern meningkatkan tekanan kepada Nuremberg setelah turun minum dan Schaefer menggagalkan peluang Mario Mandzukic, Thomas Mueller, dan Goetze sebelum tandukan Ribery menembus gawangnya.

Dengan tekanan tim Bavaria, hanya menjadi masalah waktu sebelum mereka mencetak gol kedua dan pemain sayap Belanda Robben membuka jalannya ke kotak penalti sebelum menaklukkan Schaefer.

Rekor pecah

Bayern sekarang telah memperpanjang rekor klub mereka menjadi 28 pertandingan kandang tanpa kekalahan. Ribery juga mencetak rekor baru bagi klub, menorehkan kemenangan ke-18nya dari 18 penampilan di liga secara berturut-turut, satu kemenangan lebih banyak dari mantan penyerang Roy Makaay.

Borussia Dortmund, yang mengalahkan Werder Bremen dengan skor 1-0 pada Jumat, memuncaki klasemen berkat keunggulan selisih gol.

Sesama peserta Liga Champions Bayer Leverkusen, juga mengoleksi sembilan angka, setelah sempat menyia-nyiakan keunggulan dua gol atas Borussia Moenchengladbach sebelum bangkit kembali untuk menang 4-2 melalui dua gol dari Sidney Sam.

Schalke 04, yang belum meraih kemenangan pada musim ini, mengalami kekalahan kedua mereka dari tiga pertandingan dengan skor 1-2 di markas Hanover 96 dan kaptennya Benedikt Hoewedes harus menerima kartu merah pada menit ke-14.

Schalke, yang bermain imbang 1-1 di kandang pada pertandingan playoff pertama Liga Champions mereka melawan PAOK Salonika pada tengah pekan, tertinggal ketika Szabolcs Hustzi, yang belakangan diusir karena melakukan pelanggaran berat, mengonversi penalti yang didapat dari pelanggaran Hoewedes.

Mame Diouf menggandakan keunggulan tuan rumah, menanduk bola dari jarak dua meter, sebelum penyerang Adam Szalai memangkas defisit gol.

Pemain Schalke Christian Fuchs juga diusir keluar lapangan lima menit sebelum pertandingan usai karena menerima kartu kuning kedua, yang menggenapi duka mereka dan menambah tekanan pada pelatih Jens Keller.

"Kami bermain baik pada babak kedua meski kekurangan satu pemain pada sebagian besar babak itu," kata Keller. "Pada situasi kami dapat dipahami bahwa kami tidak bermain dengan banyak rasa percaya diri."

VfL Wolfsburg kalah 0-2 dari tuan rumah Mainz 05, tim lain dengan koleksi sembilan angka, dan juga harus kehilangan rekrutan baru Luiz Gustavo yang diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-64.

Hertha Berlin mengalahkan Hamburg SV, yang masih mencari kemenangan pertama mereka, dengan skor 1-0 berkat gol ketiga Adrian Ramos di musim ini.

Hoffenheim memiliki Sejad Salihovic yang diusir keluar lapangan karena menampar lawannya pada menit kesembilan saat mereka bermain imbang 3-3 dengan Freiburg, tidak lama setelah ia mencetak gol dari titik penalti.

Freiburg harus kehilangan Francis Coquelin yang dikartu merah pada babak pertama dan Admir Mehmedi mendapat kartu merah juga pada fase akhir pertandingan yang berlangsung menarik ini, demikian Reuters.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013