Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 28 tim akan bersaing memperebutkan gelar juara Garnier Men Liga TopSkor U-17 musim 2024.

Turnamen akar rumput yang khusus untuk mengembangkan talenta-talenta pesepakbola muda tersebut dijadwalkan akan memulai pertandingan perdana di ASIOP Training Ground, Sentul, Bogor, Minggu mendatang.

"Kami menggelar Liga TopSkor musim 2024 untuk kategori U-17. Kami sangat senang dengan kolaborasi ini dan tentu saja dengan dukungan dari Garnier Men, kami berharap agar sepak bola akar rumput di Indonesia terus terjaga pembinaannya yang ujungnya untuk menghasilkan pemain-pemain yang kelak dapat membela Timnas Indonesia di masa mendatang, kata Direktur Liga Topskor Yusuf Kurniawan dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Liga Topskor U-17 yang telah berlangsung selama 13 tahun sejak pertama kali digelar pada tahun 2011, pada musim ini akan diikuti oleh tim-tim yang berasal dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Cirebon, Subang, hingga Cimahi.

28 tim yang akan berlaga memperebutkan gelar juara diantaranya Palapa Mavericks, Ocean Stars SC, Asiana, Erlangga, Prahara Ciampea, Diklat Isa, Fifa Farmel, Cipta Gemilang FA, ASIOP, Putra Karawang Junior, Cibinong Poetra Academy, Nusantara 2004, Katar SKN 86, Cirebon United, Urakan, Tajimalela, DS Soccer, Star Soccer, Putera Betawi SS, Youth Tiger SS, Bintang Junior SS, Kancil Mas, Stoni Indonesia, Naraga Ciater United, Bina Sentra, Akademi Persib, Asia Football School, dan RMD.

Dengan bergulirnya kompetisi pada musim ini diharapkan memberikan jebolan-jebolan pemain yang dapat membela timnas Indonesia ke depannya. Sebelumnya jebolan dari Liga TopSkor telah banyak melahirkan pemain-pemain yang berseragam skuad Garuda mulai dari level U-16, U-17, U-20, U-23, hingga senior. Sebut saja Dony Tri Pamungkas, Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, Ronaldo Kwateh, Beckham Putra Nugraha, Gian Zola, Arkhan Kaka, Nabil Asyura, Muhammad Ferarri dan Ji Da Bin.

"Liga TopSkor 2024 ini akan berlangsung di 15 kota. Mulai dari Batam, Padang, Medan, Palembang, Jakarta, Cirebon, Bandung, Yogya, Surakarta, Malang. Kemudian di Kalimantan kami menggelar di Samarinda dan Balikpapan, untuk Sulawesi akan berlangsung di Palu dan Makassar dan terakhir di Papua. Kami menggelar turnamen untuk enam usia mulai dari U-12, U-13, U-14, U-15, U-16 dan U-17," kata Yuke Kurniawan.

Garnier Men Liga TopSkor U-17 Jakarta 2024 juga memiliki program menarik untuk para pesertanya dari 28 tim, yakni gabungan para pemain bertalenta akan masuk dalam Tim Seleksi TopSkor Indonesia (TSI) U-17 yang nantinya akan bermain di Garuda Cup International 2024, yang diikuti oleh 7 negara, di ASIOP Training Ground, Sentul, Agustus 2024. Baca juga: Liga Topskor Transtama U-15 dimulai dengan kehadiran para alumninya

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024