Jakarta, 27/8 (ANTARA) - Di hadapan sekitar 2400 mahasiswa baru dan civitas akademika IAIN Raden Intan Lampung, Menhut memberikan kuliah umum dengan mengambil tema "PERAN MASYARAKAT KAMPUS DALAM MELESTARIKAN HUTAN SEBAGAI SUMBER KEANEKARAGAMAN HAYATIā€¯. Dalam kesempatan ini Menhut mengajak seluruh mahasiswa baru dan civitas akademika untuk turut serta dalam melestarikan berbagai sumber sumber kehidupan sebagai sebuah keanekaragaman hayati. Menhut dalam kuliah umumnya memberikan pemahaman bahwa indonesia adalah sebuah negara besar dengan keanekaragaman hayati yang sangat besar pula. Indonesia sangat kaya dengan flora dan fauna endemik serta merupakan satu dari tiga tempat di planet ini di mana paru-paru dunia berada. Selain Amazonia Brasil dan Kongo, Indonesia merupakan negara yang masih memiliki hutan hujan tropis dalam cakupan luas. Tercatat Sumatra, Kalimantan dan Papua yang memiliki hutan hujan yang masih berfungsi sebagai paru-paru dunia hari ini. Salah satu dari sekian banyak kekhasan fauna dan floranya adalah komodo. Komodo merupakan hewan endemik indonesia dan tidak ada di tempat lain selain di Indonesia. Hutan bagi kepentingan manusia menjadi sebuah hal yang sangat penting dan seyogyanya kita semua ikut serta dalam melestarikannya.

     Pengelolaan hutan dengan bijak menjadi salah satu faktor yang ideal di dalam pembangunan kehutanan yang berorientasi pembangunan ekonomi hijau. Maka Kementerian Kehutanan mendorong para pengusaha kehutanan, tambang, kebun, dan sektor lain yang menggunakan kawasan hutan untuk melakukan kegiatan usahanya dengan menerapkan teknologi yang ramah lingkungan dan meningkatkan perhatiannya pada kesejahteraan masyarakat sekitar yang berada di dalam lingkungan areal kerja pemanfaatan hutan/penggunaan kawasan hutan.

     Pemanfaatan hutan sekarang harus lebih berorientasi keselamatan ekosistem termasuk di dalamnya manusia, flora dan fauna di samping mengejar keuntungan secara ekonomi. Dalam akhir kuliah umumnya Menhut mengajak semua hadirin untuk terus menggiatkan kegiatan menanam pohon "Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon". Dalam kesempatan ini juga Menhut menyempatkan untuk menanam pohon di areal sekitar kampus IAIN Raden Intan Lampung.

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2013