Jakarta (ANTARA News) - Pengundian kios bagi pedagang kaki lima Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur akan dilakukan Jumat (28/8).

Para pedagang kaki lima akan direlokasi ke Pasar Gembrong Cipinang Besar yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi berjualan Pasar Gembrong yang saat ini ada.

Pengelola PD Pasar Jaya Melati Ana Purwadi mengatakan hingga saat ini sudah ada 121 pedagang yang mendaftarkan diri untuk mendapat kios di pasar tersebut.

"Dari 130 kios yang kami sediakan, 121 sudah ada yang pesan, mereka adalah pedagang mainan, sedangkan untuk pedagang karpet ada 44 yang akan direlokasi ke PD Pasar Jaya Perumnas Klender di depan terminal," kata Ana saat dijumpai di Pasar Gembrong Cipinang Besar.

Sistem pengundian dilakukan agar sistem penempatan kios bisa adil.

"Kalau tidak diundi nanti yang daftar duluan bisa memilih lokasi yang strategis, yang hook (dua muka pintu)," kata Ana.

Untuk harga, kios dua muka dijual dengan kisaran Rp200 juta sementara yang badan (satu pintu) dijual Rp160 juta.

Jumlah pedagang kaki lima di Pasar Gembrong kira-kira sebanyak 211 orang; 171 pedagang boneka dan mainan, 40 pedagang karpet.

Pengundian akan dilakukan di Kecamatan Jatinegara pada Jumat pukul 08.00 WIB.

"Jualan di sini pasti untung karena tempatnya nyaman dan aman, pembeli pasti lebih memilih beli di sini, bagi pembeli harga di dalam juga dijamin lebih murah karena di sini banyak suplier besar untuk mainan dan boneka," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013