Denpasar (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat tiba di Pulau Dewata dan melihat sambutan kadernya merasa yakin bahwa akan lahir satu anggota DPR RI dari Bali pada Pemilu 2024.

“Dua kali pemilu telah kita ikuti secara nasional termasuk pilgub di Pulau Dewata, kita belum berhasil menempatkan wakil kita untuk tingkat DPR RI, ini semuanya merupakan pengalaman sekaligus pembelajaran bagi kita, tidak perlu dikesalkan,” kata dia di Denpasar, Selasa.

Dia merasa yakin pada pemilihan nanti Provinsi Bali akan mendapatkan kursi DPR RI.

“Insyaallah saya yakin dan percaya tanggal 14 Februari 2024 yang akan datang Partai NasDem khususnya dewan pimpinan wilayah di Bali ini berhasil memecahkan telur (mendapat kursi DPR RI, red),” sambungnya.

Menurutnya kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, apalagi Surya Paloh melihat ideologi dan cita-cita masyarakat Bali sama dengan partainya, yaitu menginginkan perubahan.

“Cita-cita masyarakat di Bali adalah selaras dengan manifestasi perjuangan Partai NasDem, platform tema gerak perubahan restorasi Indonesia sejalan dengan nafas harapan dan jeritan keinginan dari seluruh komponen komunitas masyarakat Pulau Dewata ini,” ujarnya.

Dengan demikian ia menilai tak ada alasan bagi DPW Partai NasDem Bali tak bisa mengantongi satu kursi DPR RI Pemilu 2024 ini.

Meski demikian, ia meminta jangan meremehkan kondisi ini, menurutnya masyarakat tak akan otomatis memilih perwakilannya di pusat hanya berdasarkan kesamaan ideologi, sehingga kadernya diminta turun dan memahami keinginan rakyat.

“Masyarakat masih memerlukan penjelasan demi penjelasan, masyarakat memerlukan kedekatan pemahaman yang dihadirkan dari artikulasi kehadiran para kader dan caleg untuk kembali memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa NasDem tidak bermain-main,” kata pengusaha media tersebut.

Nantinya ketika masyarakat Bali memiliki perwakilan di Senayan yang berasal dari partai dengan ciri khas gerakan perubahan ini, maka Surya Paloh mewajibkan orang tersebut merealisasikan kewajibannya bagi masyarakat.

“Jaga Bali ini, jaga Pulau Dewata ini. Kita mau otentiknya Bali tetap harus terjaga di tengah arus perjalanan kemajuan modernisasi. Otentifikasi Bali tidak boleh hilang, kultur kearifan lokal budaya Bali adalah Bali dan itu adalah tekad,” tuturnya dengan nada tegas.

Sekretaris Wilayah DPW NasDem Bali I Nyoman Winata mengamini arahan tersebut, optimisme turut muncul dari pimpinan di daerah setelah melihat semangat kader yang datang dan berkumpul di Kota Denpasar.

“Apa yang menjadi candaan, kalau tidak terwujud satu kursi DPR RI maka gedung ini (Kantor DPW Partai NasDem Bali akan disulap menjadi coffee shop tapi kita yakin tidak akan terjadi,” kata dia.

Kepada jajarannya, Winata meminta agar tidak putus dalam bekerja ke masyarakat menggaungkan semangat perubahan hingga Pemilu 2024 tiba.

Menurutnya target-target ini fantastis sehingga perlu solidaritas tinggi, untuk diketahui selain mengantongi kursi DPR RI mereka juga menargetkan satu fraksi DPRD Bali dan kabupaten/kota.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024