New York (ANTARA News) - Regulator keuangan New York sedang menyelidiki perusahaan asuransi Lloyds of London untuk dugaan pelanggaran sanksi AS yang melarang bertransaksi dengan Iran, sebuah sumber mengatakan kepada AFP, Rabu.

Departemen Jasa Keuangan negara bagian New York sedang mencari informasi tentang penyelidikan internal milik Lloyds tentang apakah pihaknya menerbitkan kontrak asuransi untuk perusahaan perdagangan komoditas dengan Iran.

Sumber itu mengatakan telah mengeluarkan sejumlah permintaan informasi penting dalam "berbagai" reasuransi, tetapi mereka "meningkatkan" penyelidikan khususnya pada Lloyds.

Kasus ini melibatkan kontrak asuransi untuk pedagang komoditas Glencore Xstrata dan Trafigura Beheer, demikian menurut AFP.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa kasus tersebut difokuskan pada kemungkinan pengiriman alumina ke Iran oleh kedua perusahaan tersebut.

Regulator "sedang meminta informasi tentang penyelidikan internal ini dan khususnua pada dua kontrak tertentu dengan Glencore dan Trafigura, yang telah berhubungan dengan Iran," kata sumber itu.

Sanksi atas Iran melarang perusahaan-perusahaan AS, atau perusahaan di AS, dari setiap transaksi dengan perusahaan yang melakukan bisnis dengan Iran.

Sanksi itu diberlakukan untuk menekan Teheran atas pogram nuklirnya yang kontroversial, yang AS dan sekutunya katakan ditujukan untuk mengembangkan senjata atom.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013