Padang (ANTARA News) - Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan persiapan pelaksanaan ibadah haji 2013 mencapai 95 persen dan kekurangannya segera diselesaikan dalam waktu dekat.

"Persiapan sudah maksimal tinggal beberapa hal terkait pelaksanaan yang akan dituntaskan segera seiring pelaksanaan," kata Suryadharma di Padang, Kamis, usai tampil sebagai pembicara utama Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab.

Menurut dia, berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan dari pelaksanaan ibadah haji tahun sebelumnya, Kementerian Agama optimistis pelaksanaan ibadah haji tahun ini akan lebih baik.

Terkait ancaman virus corona yang dikabarkan sedang mewabah di Arab Saudi saat ini, ia mengingatkan jamaah haji agar menjaga kesehatan sebelum berangkat.

Hingga saat ini belum ada vaksin khusus, karena itu untuk mengantisipasi jamaah haji harus menjaga kesehatan dan berangkat dalam kondisi sehat, kata dia.

Ia memastikan tenaga kesehatan siap menangani berbagai kemungkinan yang akan terjadi di Tanah Suci sehingga jamaah tidak perlu terlalu khawatir.

Terkait kuota jamaah haji, ia mengatakan masalah utama yang ada saat ini adalah daya tampung sehingga sulit dilakukan penambahan kuota.

Kapasitas tampung Padang Arafah dan Minah terbatas dan tidak dapat lagi diperluas sehingga tidak mungkin dilakukan penambahan, kata dia.

Dikatakannya, berbagai lobi sudah terus dilakukan secara intensif, namun masalahnya terletak pada kapasitas tampung.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah melakukan pembatasan bagi jamaah yang sebelumnya telah melaksanakan ibadah haji untuk memberikan kesempatan kepada yang belum haji, kata dia.

(KR-IWY/N002)

Pewarta: Ikhwan W
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013