Monaco (ANTARA News) - Pemain sayap Bayern Munich Franck Ribery, asal Prancis, Kamis meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Eropa musim 2012-2013.

Pemain timnas Prancis itu menjadi pemain ketiga yang memenangi penghargaan tersebut. Dua pemenang sebelumnya adalah duo pemain Barcelona, Lionel Messi (2011) dan Andres Iniesta (2012).

Ribery merebut penghargaan sebagai pemain terbaik itu sekarang ini karena mengungguli perolehan suara bagi Messi dan striker Real Madrid Cristiano Ronaldo, asal Portugal.

Menurut laporan AFP, Ribery yang sudah 74 kali membela negaranya sebagai pemain timnas, menjadi roda penggerak yang penting dalam gebrakan Bayern meraih tiga gelar yang bersejarah pada musim yang baru lalu, dengan menjadi juara pada ajang Liga Champions, Liga Utama Jerman (Bundesliga) serta Piala Jerman.

Messi mencetak 69 gol pada musim lalu dan klubnya Barca menjadi juara Liga Utama Spanyol, sementara Ronaldo menyarangkan 59 gol.

Sementara, Ribery mencetak 10 gol dalam 27 kali penampilannya pada Bundesliga tempat klubnya Bayern juga menjadi juara Eropa untuk kelima kalinya.

Ia juga menjadi pengumpan yang baik atas gol yang menentukan kemenangan yang dilesakkan oleh Arjen Robben dalam kemenangan final 2-1 melawan Borussia Dortmund.

Penerjemah: Agustina Rachmawati 

Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013