Tanjung Selor (ANTARA) - Hujan deras mengguyur Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara menyebabkan 100 unit rumah di Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, terendam banjir.
 
“Itu masih jumlah sementara, karena saat ini masih dilakukan pendataan dan penanganan oleh Pemkab Bulungan, BPBD Kalimantan Utara, aparat TNI/Polri, dan pihak desa,” kata Analis Kebencanaan Ahli Muda BPBD Kalimantan Utara, Zainuddin d Tanjung Selor, Kamis.

Baca juga: Langkah bersama antisipasi bencana hidrometeorologi di Sumsel

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Utara, hujan turun di Desa Mangkupadi dan sekitarnya dengan intensitas tinggi terjadi pada Selasa 23 Januari 2024  sampai 25 Januari 2024.

Dampaknya, air menggenangi beberapa ruas jalan tepatnya kilometer enam hingga kilometer 10. Genangan banjir juga terjadi di RT 9 dan RT 14 desa tersebut.

Banjir disebut merendam beberapa rumah penduduk dan areal pertanian dengan ketinggian air 80 sentimeter hingga sampai 200 centimeter atau dua meter.

Hingga Kamis (25/1/2024), pihak desa dibantu TNI/Polri setempat, BPBD Kabupaten Bulungan masih melakukan upaya evakuasi terhadap warga terdampak.

Unsur terkait telah mendirikan pusat pengungsian warga di sejumlah titik seperti di penginapan milik kepala desa serta rumah warga yang aman banjir.

Baca juga: Pemkab bangun tanggul penahan air sementara di Jalan Trans Kalimantan

Zainuddin menyebut jumlah jiwa terdampak banjir berkisar 200 sampai 250 jiwa atau sekitar 50 kepala keluarga (KK).

Selain itu, dilaporkan lima unit rumah hanyut, serta 100 unit rumah terdampak, masing-masing 20 unit di RT 9, 50 rumah di RT 14, dan 30 unit di RT 2.

Kepala Desa Mangkupadi, M Halid mengatakan bantuan makanan siap saji dari Pemerintah Kabupaten Bulungan berangsur tiba di desanya dan telah didistribusikan kepada pengungsi dan warga lainnya yang terdampak.

“Saat ini kami masih terus mendata dampak banjir ini baik jumlah warga terdampak, rumah, serta areal pertanian dan yang jelas bantuan dari Pemerintah Daerah juga mulai masuk,” ujarnya.

Desa Mangkupadi merupakan wilayah administratif Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Desa ini juga berbatasan darat dengan Provinsi Kalimantan Timur. Di desa ini juga menjadi lokasi pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI).

Baca juga: Pemkab Barito Selatan salurkan bansos banjir di dua desa

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024