Warsawa (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Polandia Radoslaw Sikorski, Jumat (30), mengatakan Polandia menaruh simpati pada upaya masyarakat internasional untuk mencegah pertumpahan darah di Suriah dan mengharapkan berlanjutnya proses perdamaian di negara Arab itu.

Sikorski mengingatkan, Perdana Menteri Donald Tusk mengatakan pada Rabu (28/8) bahwa Polandia takkan ikut dalam setiap jenis campur tangan militer di Suriah.

Ia menambahkan Polandia mengikuti situasi secara seksama dan menunggu laporan mengenai kondisi tersebut dari para pemeriksa PBB, demikian laporan Xinhua, Sabtu pagi.

Sementara itu Amerika Serikat makin gencar mengupayakan kesepakatan mengenai serangan yang mungkin dilancarkan terhadap Suriah sehubungan dengan dugaan penggunaan senjata kimia pekan lalu dalam konflik di negara Arab tersebut.

Presiden AS Barack Obama, Jumat (30/8), menghubungi Presiden Prancis Francois Hollande dan Perdana Menteri Inggris David Cameron guna membahas tindakan yang mungkin dilakukan terhadap Pemerintah Suriah.

Hollande mengatakan Paris akan ikut dalam setiap tindakan terhadap Suriah meskipun Parlemen Inggris, dalam mosi kepada pemerintah, pada prinsipnya menentang untuk mensahkan tindakan semacam itu.

Parlemen Inggris melakukan pemungutan suara untuk menentang aksi militer yang mungkin dilancarkan terhadap Suriah sehubungan dengan dugaan penggunaan senjata kimia dalam bentrokan di negara Arab tersebut, demikian laporan media, Kamis malam (29/8).

Penerjemah: Chaidar Abdullah 

Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013