Cipanas, Jawa Barat (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengajak puluhan wartawan dan staf Sekretariat Wapres untuk berolahraga jalan kaki sejauh 1,6 kilometer di halaman Istana Cipanas, Jawa Barat, Minggu.

Wapres yang juga didampingi sejumlah deputi dan anggota Paspampres jalan kaki menuju ke Hutan Lindung yang letaknya di halaman belakang istana.

Peserta jalan santai yang dimulai pukul 6.00 WIB itu mengenakan seragam kaos warna oranye, mengambil rute jalanan yang menanjak dan menurun serta berliku-liku dengan cuaca yang masih agak gelap dan sejuk.

Saat berjalan kaki, suasana penuh senda gurau dan tertawa ringan antara Wapres Boediono, deputi, serta wartawan.

"Hutannya sangat bagus dan rindang ya," kata Wapres mengenai hutan lindung dengan ratusan pohon tampak tertata apik dan rimbun sehingga menambah sejuk suasana.

Selain ditanami ratusan pohon, di hutan lindung itu juga terdapat hewan peliharaan seperti ayam bekisar, ayam jago, hingga kuda.

Wapres Boediono tampak semangat dan ceria saat berjalan kaki dan sama sekali tidak menunjukkan rasa letih. Menurut Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat, Boediono memang rutin jalan kaki sehingga sudah terbiasa.

"Kalau Bapak sih sudah terbiasa olahraga jalan kaki, makanya beliau tidak masalah jalan kaki seperti ini," kata Yopie.

Sementara sejumlah wartawan tampak kepayahan saat jalan kaki di jalan mendaki dan menurun. "Wah payah nih nggak pernah olahraga," kata Yudho, seorang wartawan media cetak.

Usai berjalan kaki selama setengah jam, Wapres bersama Ibu Herawati Boediono masih melanjutkan olah raga tenis di lapangan yang masih terletak di halaman istana. Saat Wapres bermain tenis, wartawan diberi kesempatan untuk sarapan dengan menu antara lain bubur ayam plus jeroan, bubur kacang hijau dan ketan hitam, nasi putih, telur mata sapi, udang tepung goreng, serta abon.

Usai Wapres dan Ibu Herawati Boediono bermain tenis, acara dilanjutkan dengan "fun game" yang riuh oleh gelak tawa dari para peserta dan penonton.

Kegiatan di Istana Cipanas tersebut dilakukan untuk mempererat tali silaturahim antara Wapres, wartawan, dan staf Sekretariat Wapres. Acara tersebut merupakan yang kedua setelah sebelumnya tahun 2011 juga dilakukan acara serupa di Istana Cipanas pula.

Oleh Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013