Sleman (ANTARA News) - Festival Asia Tri yang merupakan sebuah festival seni pertunjukan keliling yang diprakarsai seniman-seniman tiga negara yaitu Korea, Jepang dan Yogyakarta, Indonesia akan kembali digelar di Museum Seni dan Budaya Jawa Ullen Sentalu, Kaliurang, Sleman 23-25 September.

"Premakarsa festival tahunan tersebut Yang Hye Jin dari Korea, Soga Masaru dari Jepang, dan Bimo Wiwohatmo serta Bambang Paningron dari Yogyakarta, Indonesia," kata Jono Lesmono dari Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS), Senin.

Menurut dia, Festival Asi Tri yang sudah berlangsung kedelapan kali ini, pada tahun ini akan diikuti berbagai seniman dari berbagai negara antara lain Indonesia, Jepang, Korea, Thailand, Kanada dan Spanyol.

"Festival ini juga akan diikuti seniman dari `Asia Meet Asia` yakni Hongkong, India, Korea, Jepang dan China," katanya.

Ia mengatakan, para seniman berbagai negara ini akan menampilkan berbagai kesenian dari negara masing-masing, antara lain tari, musik, dan pertunjukan seni.

"Seniman-seniman tersebut antara lain Kazco Takemoto, Japan Contemporary Dance, Jun Amanto, Jocelyne Montpetit (Kanada), Waewdao Sirisook (Thailand), akan hadir dan tampil pula seniman dari Belanda, Australia, Jerman, Lebanon dan lainnya," katanya.

Disamping seniman dari mancanegara, akan tampil pula komunitas-komunitas seni tradisi yang hidup di sekitar Kabupaten Sleman misalnya komunitas Kaliurang, sanggar tari Ullen Sentalu.

"Yang jelas penonton tidak dipungut biaya/gratis," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013