Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Klimatologi Politik (LKP) memandang partai-partai Islam akan sangat berat mengusung calon presidennya karena sampai saat ini suara muslim belum nampak solid dan sebaliknya terpecah ke beberapa partai.

"Partai Islam yang berkoalisi akan memiliki nilai rendah dalam posisi tawarnya mengusung calon presiden pada Pilpres 2014," kata CEO LKP Usman Rachman di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan partai Islam memiliki masalah serius dalam menyatukan visi, terutama dalam soal perbedaan madzhab.

"Partai Islam di negara kita akan kesulitan dalam menyatukan suara menjadi satu aliansi dalam mengusung capres mereka, Hal ini memang sempat terjadi saat Amien Rais dan Abdurrahman Wakhid mampu menghimpun kekuatan politisi Islam dalam Poros Tengah. Tetapi hal itu akan sulit diulangi di masa kini," kata dia.

Namun dia yakin partai Islam akan bisa menjadi kekuatan politik yang diperhitungkan apabila memiliki kepentingan yang sama. "Sayangnya beberapa partai Islam justru tersangkut skandal," kata Usman merujuk korupsi impor sapi dan Alquran.

Dia juga mengomentari peluang Mahfud MD yang bisa saja menjadi calon presiden dari partai Islam.
"Peluang Mahfud itu masih ada tapi kan masih bersifat sementara dan nanti tidak ada yang tahu kondisi politik sebenarnya akan seperti apa," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013