Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 98.088 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 di Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan penanaman bibit pohon akasia dan pinus untuk mewujudkan kepedulian lingkungan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak se-Indonesia.

"Jadi ini bentuk kesadaran KPU dan seluruh jajarannya terhadap lingkungan karena telah menggunakan kertas dengan berbagai jenis untuk kebutuhan logistik pemilu," kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: Kodim 1611/Badung tanam ratusan pohon menjaga kelestarian alam

Diketahui kertas adalah benda berdimensi tipis yang terbuat dari serat pohon.

Sejumlah jenis kayu pun kerap dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan kertas, di antaranya kayu akasia, kayu pinus dan pohon mulberry.

Tenri menyebut setiap KPPS minimal menanam satu pohon saja itu artinya sudah ada 98.088 batang pohon ditanam di Kalsel di awal tahun ini dan hasilnya dapat dinikmati beberapa tahun ke depan untuk kelestarian lingkungan.

Baca juga: Lima juta lebih bibit pohon ditanam usai pelantikan KPPS Tomohon

"Ini menjadi amal jariah bagi kita yang peduli terhadap lingkungan khususnya tumbuh-tumbuhnya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi," ucap Tenri.

Di sisi lain, Tenri mengingatkan petugas KPPS yang bertugas di 13.584 di tempat pemungutan suara (TPS) se-Kalsel telah bekerja mulai sekarang untuk mempersiapkan pemungutan suara pada 14 Februari 2024..

"Berikan pelayanan terbaik kepada seluruh pemilik hak suara di TPS dan pastikan pemilu berjalan jurdil yang dimulai dari proses pemungutan suara," ucapnya.

Baca juga: KPU Kepri tanam 41.398 bibit pohon di 5.914 TPS

Pewarta: Firman
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024