Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, segera melakukan kegiatan konservasi dan normalisasi Kali Bekasi yang selama ini menjadi penyumbang banjir terparah di lokasi setempat.

"Kegiatan ini adalah upaya kami dalam menghadapi musim hujan mendatang yang kerap mendatangkan banjir bagi sejumlah pemukiman akibat luapan sungai," kata Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, rencana itu akan direaliasikan pihaknya pada Oktober 2013, bertepatan dengan dibukanya Festival Kali Bekasi 2013.

"Rencananya konservasi Kali Bekasi dilaksanakan pada Oktober 2013 mendatang, yang dibuka melalui Festival Kali Bekasi," ujarnya.

Ia berharap kegiatan tersebut menjadi salah satu jalan mengatasi permasalahan banjir di sepanjang bantaran kali setiap tahunnya.

"Konservasi akan dilakukan Pemkot Bekasi bekerja sama dengan pemerhati lingkungan," katanya.

Selain itu, pihaknya hingga kini masih menunggu keseriusan dari pemerintah pusat untuk melakukan kegiatan serupa.

"Rencananya, pemerintah pusat juga akan memperkuat dan meninggikan tanggul di sejumlah titik banjir. Kita masih tunggu realisasinya," katanya.

Ia mengatakan banjir akibat luapan Kali Bekasi kerap melanda sejumlah pemukiman penduduk, di antaranya Perumahan Pondokgede Permai, Nasio, Kemang Pratama, Kemang Ifi, dan sejumlah pemukiman lainnya di sepanjang bantaran sungai.

"Kami berharap, normalisasi dalam bentuk pengerukan lumpur akibat sedimentasi ini bisa mengurangi ancaman banjir di kawasan tersebut," katanya. ***4***

Ridwan Ch

(T.KR-AFR/B/R010/R010) 03-09-2013 21:15:55

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013