Jakarta (ANTARA News) - Stamina yang sempurna dibutuhkan agar jamaah haji dapat beribadah dengan lancar.

Menurut ahli penyakit dalam dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, persiapan fisik merupakan menu wajib bagi jamaah yang akan menunaikan rukun Islam kelima karena  ibadah haji memang melibatkan banyak ritual yang menuntut kesiapan fisik jamaah.

"Olahraga rutin itu penting bagi orang yang mau berangkat haji. Setidaknya jalan kaki setiap pagi hari selama 30 menit," kata Ari saat dihubungi Antara News, Rabu.

Pengajar Ilmu Penyakit Dalam di FKUI itu mengingatkan agar para jamaah yang berada di kloter awal tidak melakukan kegiatan ibadah atau non ibadah yang tidak perlu saat di Tanah Suci agar tidak terlalu lelah.

Ari menambahkan, jamaah haji harus minum banyak air terutama saat cuaca terik menyengat. Namun, dia menyarankan untuk meminum air bersuhu normal ketimbang air dingin.

"Masjid biasanya menyediakan air zamzam untuk diminum, ada yang suhu normal dan yang dingin. Pilih yang suhu normal karena air dingin dapat merangsang radang kerongkongan sehingga jamaah dapat menderita batuk," tutur dia.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013