London (ANTARA News) - Pasar-pasar saham utama Eropa menguat pada awal perdagangan Kamis, karena investor menunggu pertemuan puncak G20 di Rusia dan keputusan suku bunga acuan dari Bank Sentral Inggris dan Bank Sentral Eropa.

Dalam pembukaan transaksi, indeks acuan FTSE 100 di London bertambah 0,35 persen menjadi 6.497.16 poin, di Frankfurt indeks DAX 30 naik 0,12 persen menjadi 8.205,56 dan indeks CAC 40 di Paris naik 0,13 persen menjadi 3.985,85 dibandingkan dengan penutupan Rabu.

"Aksi harga hari ini kemungkinan akan ditentukan oleh kejadian dari G20 dan keputusan bank sentral dari Bank Sentral Inggris (BoE) dan Bank Sentral Eropa (ECB)," ujar analis CMC Markets Michael Hewson.

Para pemimpin dunia bertemu pada Kamis di pertemuan puncak G20 di Saint-etersburg, Rusia, di mana Presiden AS Barack Obama akan berusaha untuk menjembatani perpecahan mendalam atas dorongannya untuk aksi militer terhadap rezim Suriah untuk dugaan penggunaan senjata kimia.

Obama membersihkan rintangan pertamanya pada Rabu dalam upaya memenangkan dukungan kongres domestik untuk serangan hukuman, tetapi juga mencari dukungan luas internasional.

Juga pada Kamis, BoE dan ECB akan mengumumkan hasil pertemuan terbaru mereka, namun kedua bank sentral itu secara luas diperkirakan akan mempertahankan kebijakan moneternya tidak berubah.

Ekuitas Asia sebagian besar menguat pada Kamis menyusul laporan optimis Federal Reserve tentang ekonomi AS dan data pertumbuhan Eropa yang positif, tetapi keuntungannya dibatasi oleh aksi ambil untung dan bertahannya kekhawatiran atas Suriah.

Sementara prospek positif telah mengangkat sentimen, pedagang tetap gelisah tentang rencana Fed untuk program stimulusnya, dengan kekhawatiran pihaknya akan segera memulai pengurangan stimulus, yang bertindak sebagai hambatan pada pembelian.

Laporan Beige Book Fed tentang keadaan ekonomi nomor satu dunia

menunjukkan belanja konsumen dan manufaktur telah meningkat di sebagian besar 12 daerah di Amerika Serikat, sementara penciptaan lapangan kerja stabil atau membaik.

Berita itu mengirim Dow Jones Industrial Average di Wall Street 0,65 persen lebih tinggi, didorong juga oleh serangkaian penjualan mobil yang kuat untuk Agustus, demikian AFP melaporkan.

(SYS/A026/S004)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013