Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 331 anggota Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang akan bertugas di Daerah Kerja Jeddah dan Madinah akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada Jumat (6/9).

Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Cepi Supriatna pada Kamis malam melepas keberangkatan petugas haji yang terdiri atas 129 petugas dari Kementerian Kesehatan dan 202 petugas dari Kementerian Agama di Asrama haji Pondok Gede Jakarta.

Para petugas nonkloter tersebut akan berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta pada Jumat besok pukul 11.19 WIB.

Para petugas haji akan bekerja membantu jemaah asal Indonesia selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci dan akan berada di Arab Saudi hingga penyelenggaraan ibadah haji berakhir.

Cepi mengatakan karena waktu operasional haji baru dimulai 10 September, maka para petugas tersebut masih mempunyai waktu untuk pemulihan dan konsolidasi serta pengenalan wilayah sebelum menerima kedatangan jamaah.

"Tugas pokoknya memantau sitiuasi lapangan, memberi tahu petugas kloter memantau pergerakan jamaah," katanya.

Selain 331 petugas yang akan bekerja di Daerah Kerja Jeddah dan Madinah, akan ada 505 anggota PPIH yang bertugas di Daerah Kerja Mekkah. Mereka akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 12 September 2013.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013