Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Kamis menunjuk seorang veteran bankir investasi Italia untuk mewakilinya di Siprus, karena negara pulau Mediterania itu mengejar reformasi di bawah dana talangan 10 miliar euro (13 miliar dolar AS) bailout.

IMF mengatakan Vincenzo Guzzo, yang bekerja untuk Morgan Stanley, Merrill Lynch, dan Lehman Brothers sebelum bergabung dengan IMF, akan berada di Nicosia, ibukota Siprus, mulai 9 September.

Sementara di IMF, Guzzo telah bekerja pada tugas-tugas negara di Italia, Yaman, Islandia dan Uni Emirat Arab.

IMF telah memberikan kontribusi sekitar satu miliar euro untuk program penyelamatan negara tersebut, dengan sisanya berasal dari Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM), dana darurat keuangan Uni Eropa.

Negara ini terperosok ke dalam krisis pada 2012 ketika krisis Yunani tumpah menyebabkan sejumlah bank-bank utamanya bangkrut dan memaksa deposan untuk menerima penurunan nilai rekening bank mereka.

Untuk mendapatkan paket pinjaman, pemerintah harus mengambil alih bank-bank besar, menyetujui pemotongan besar pengeluaran dan kenaikan pajak, dan penjualan beberapa aset milik negara.

Pada 31 Juli, IMF, Bank Sentral Eropa (ECB) dan Komisi Eropa mengatakan dalam sebuah kajian mereka bahwa program restrukturisasi berada di jalurnya.

"Pihak berwenang telah mengambil langkah-langkah tegas untuk menstabilkan sektor keuangan dan telah secara bertahap mengurangi pembatasan deposito dan kontrol modal," katanya.

Namun, tambahnya, prospek ekonomi jangka pendek buruk, dengan PDB diproyeksikan mengalami kontraksi 13 persen pada 2013-14. Pertumbuhan ekonomi hanya diharapkan pulih pada 2015.
(A026)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013