Helsinki (ANTARA News) - Finlandia menantang Spanyol. Sebagai juara dunia dan juara Eropa, "La Furia Roja" berperan sebagai sosok liat Goliath, sementara lawannya bertindak sebagai sosok sarat akal David. Siapa Pemenangnya?

Finlandia akan bertarung melawan Spanyol dalam duel lanjutan penyisihan grup kualifikasi Piala Dunia 2014, yang digelar di Stadion Olimpiade di Helsinki, pada Sabtu dini hari, pukul 01.30 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Sama nilainya dengan pergumulan antara Goliath dengan David, laga Finlandia kontra Spanyol menjadi relatif penting. Mengapa?

Sesudah meniti lima pertandingan, Spanyol memimpin di Grup I dengan mengemas 11 poin, dikuntit Prancis dengan 10 poin dan Finlandia dengan enam poin. Sementara Georgia dan Belarusia berada di posisi buncit masing-masing memperoleh empat poin saja.

Kalau saja, Spanyol menundukkan Finlandia, maka negeri Matador itu tetap bertengger di peringkat pertama di grup. Tim asuhan pelatih Vicente Del Bosque itu tinggal menyisakan dua pertandingan, masing-masing melawan tim yang relatif lemah, Belarusia dan Georgia.

Kalau saja, Spanyol mengalahkah  Finlandia, maka Fabregas cs. menjadi juara Grup I dan lolos ke Piala Dunia 2014, di Brazil.

Jika ingin tetap berpeluang di perhelatan Piala Dunia 2014, maka Finlandia yang dilatih oleh Mixu Paatelainen juga harus dapat menaklukkan Spanyol.

Finlandia menghadapi jalan terjal dan berbatu, karena lawan yang dihadapi bertitel mentereng. Para penggawa Finlandia tidak perlu berkecil hati, karena mereka mampu menahan Spanyol dengan skor 1-1 dalam laga penyisihan grup kali lalu. Hasil imbang itu menyuntikkan kepercayaan diri agar mampu menyengat juara Eropa.

Menurut catatan peringkat badan sepak bola dunia (FIFA), Finlandia berada di peringkat 65, dan Spanyol di peringkat satu dunia.

Finlandia memanggil kenangan akan laga di Madrid. Waktu itu, gol semata wayang dari Teemu Pukki membuyarkan harapan tuan rumah yang sempat melambungkan asa lewat gol yang dibukukan oleh Sergio Ramos.

Ramos pun berkomentar mengenai tim Finlandia. "Finlandia tampil sebagai tim yang mampu membuat kami tercengang dari menit awal sampai pertandingan selesai, meski mereka juga tidak punya banyak peluang mencetak gol," kata bek Real Madrid itu.

"Pertandingan tadi menjadi pelajaran bagi kami. Kami harus tetap berkonsentrasi selama 90 menit. Hal yang positif dari pertandingan lalu, bahwa kami belajar dari kekeliruan," katanya.

Timnas Spanyol hanya mengalami sekali kekalahan dalam tujuh pertemuan melawan tim dari negara Skandinavia. Itupun terjadi di babak penyisihan Piala Dunia 1969.

Komentar pemain dan pelatih:
Del Bosque (Spanyol):
"Kami telah memutuskan siapa penjaga gawang dalam pertandingan besok. Casillas? Saya belum yakin benar. Kami akan melihat lebih cermat lagi antara keduanya (Valdes dan Casillas). Ini bukan situasi yang mengenakkan bagi siapa saja, dan tentu bagi dia juga."

Alvaro Negredo (Spanyol):
"Ini tentu sulit bagi Casillas, karena mereka punya penjaga gawang yang relatif tangguh juga, yakni Diego Lopez. Saya thu Iker cemerlang, tetapi pelatih kerap menentukan pilihannya sendiri. Dan anda harus menghormati keputusan itu."

"Skuad bakal menghadapi kompetisi yang sangat berat, karena itu anda dituntut bertanding serius."

Isco (Spanyol):
"Saya sangat senang menjadi bagian dari timnas. Saya ingin tampil meski saya tahu persaingan sangat ketat di posisi saya. Di sana ada begitu banyak pemain bagus. Saya harus memberi penampilan terbaik. Kualifikasi Piala Dunia sangat penting, kami harus memenanginya."

Prakiraan susunan pemain:

Finlandia (4-4-2):
Maenpaa (penjaga gawang), Pasanen, Arkivuo, Lampi, Moisander, Tainio, Eremenko, Riku Riski, Schuller, Ring, Pukki.

Spanyol (4-3-3):
Casillas (penjaga gawang), Arbeloa, Ramos, Albiol, Alba, Bosquets, Iniesta, Xavi, Navas, Fabregas, Negredo.

Prediksi hasil laga: (Goal.com)
* Finlandia 0-4 Spanyol (8,1 persen)
* Finlandia 0-2 Spanyol (7,24 persen)
* Finlandia 0-3 Spanyol (6,66 persen)

Head to Head
UEFA
22 Maret 2013     Spanyol 1 - Finlandia 1     

Laga Persahabatan (FR)
17 Okt 2007     Finlandia 0 - Spanyol 0     

Lima laga terakhir:

Finlandia
14 Aug 2013    Finlandia 2 - Slovenia 0    FR
11 Jun 2013    Belarusia 1 - Finlandia 1    WCQE
  7 Jun 2013    Finlandia 1 - Belarusia 0    WCQE
26 Mar 2013    Luksemburg 0 - Finlandia 3    FR
22 Mar 2013    Spanyol 1 - Finlandia 1    WCQE

Spanyol
14 Aug 2013    Ekuador 0 - Spanyol 2    FR
30 Jun 2013    Brazil 3 - Spanyol 0    FCC
27 Jun 2013    Spanyol 0 - Italia 0    FCC
23 Jun 2013    Nigeria 0 - Spanyol 3    FCC
20 Jun 2013    Spanyol 10 - Tahiti 0    FCC

Narasi prediksi:

* Bertanding di kandang sendiri, Finlandia tampil sebagai tim "kuda hitam", meski mereka mampu mengalahkan Slovenia 2-0 dalam laga persahabatan pada Agustus lalu. Dua gol dicetak oleh Niklas Moisander dan Kasper Hamalainen. Lini pertahanan Spanyol perlu mewaspadai pergerakan dari dua pemain Finlandia ini.
* Mixu Paatelainen relatif puas dengan penampilan lini belakang tim asuhannya. Buktinya, mereka mampu menahan Spanyol dalam pertandingan di Madrid. Jelas, ini pekerjaan rumah relatif berat bagi lini depan Spanyol untuk membongkat tembok pertahanan lawannya itu.
* Paatelainen kerapkali mengubah formasi. Melawan Belarusia, Finlandia menggunakan formasi 4-1-4-1. Bukan tidak mungkin menghadapi Spanyol, ia mengandalkan formasi  4-3-2-1 atau 4-4-2.
* Spanyol dibuat frustrasi Finlandia dalam laga di Madrid. Finlandia kala itu  menggunakan formasi 4-4-2. Meskipun sejumlah pengamat menelaah bahwa Finlandia mengandalkan formasi 4-2-3-1, dengan memasang Schuller, Tainio dan Ring di depan barisan pertahanan, sementara Riski dan Eremenko berperan sebagai pemain depan.
* Xavi, Busquets, Isco, David Villa dan Pedro akan kembali diturunkan dalam "starting eleven". Spanyol akan turun dengan formasi andalannya 4-3-3, dengan Iniesta dan Pedro akan mendukung Villa di barisan depan.
* Del Bosque akan memerhatikan lini pertahanan, dengan mengandalkan peran Sergio Ramos. Xavi didaulat tampil di lini tengah, sementara Isco dan Iniesta siap menghardik lini pertahanan Finlandia.
* Spanyol akan mendominasi penguasaan bola.

Prediksi editor Antaranews.com:
Finlandia: 0
Spanyol: 3

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013