London (ANTARA News/Reuters) - Inggris menaklukkan Moldova 4-0 untuk memuncaki klasemen Grup H kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, setelah dua gol dari Danny Welbeck dan masing-masing satu gol dari kapten Steven Gerrard dan Rickie Lambert mengunci kemenangan di Wembley pada Jumat (Sabtu WIB).

Hasil itu membuat Inggris mendapat kepercayaan diri menjelang pertandingan Selasa yang lebih berat di Ukraina, yang tengah menjaga peluang mereka untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil dengan menang 9-0 atas San Marino.

Sebagai pemuncak klasemen grup sebelumnya, Montenegro bermain imbang 1-1 di Polandoia. Inggris kini memimpin grup dengan 15 angka dari tujuh pertandingan mengungguli Montenegro, yang telah memainkan satu pertandingan lebih banyak, berkat keunggulan selisih gol.

Ukraina memiliki 14 angka dan Polandia sepuluh angka dari tujuh pertandingan.

Inggris membuka keunggulan melalui Gerrard yang mencetak gol melalui tembakan mendatar pada menit ke-12, sebelum Lambert mengubah skor menjadi 2-0 melalui tandukan kepala pada menit ke-26. Welbeck mengunci kemenangan timnya dengan mencetak satu gol pada tiap-tiap babak.

Pertandingan itu praktis sudah berakhir saat turun minum setelah Inggris mendominasi 45 menit pertama dengan Gerrard, Jack Wilshere, dan Frank Lampard, yang melakukan penampilan ke-99nya untuk timnas, menggenggam lapangan tengah.

Moldova saat ini duduk di peringkat 123 dunia. Kiper Inggris, Joe Hart, sama sekali tidak pelu melakukan penyelamatan.

Gol pembuka menghapus rasa gugup Inggris dan terjadi setelah Welbeck menaklukkan dua bek dengan pergerakan bagus dan memberikan umpan kepada Gerrard untuk diteruskan dengan sepakan mendatar dari jarak 25 meter yang menembus gawang Molodva.

Lambert, yang mencetak gol dengan sentuhan pertamanya untuk Inggris pada debutnya saat melawan Skotlandia tiga pekan silam, menggandakan keunggulan Inggris dengan sundulan kepala setelah kiper Stanislav Namasco menepis sepakan Theo Walcott.

Welbeck mengubah skor menjadi 3-0 menjelang babak pertama usai, dengan menguasai umpan terobosan panjang dari Walcot untuk mengecoh kiper Namasco dan memasukkan bola ke gawang tim tamu.

Gol keduanya tercipta saat babak kedua baru bergulir lima menit ketika ia melepaskan sepakan kaki kiri ke gawang yang kosong.

Satu-satunya kekurangan Inggris adalah kartu kuning Welbeck yang didapatnya karena menendang bola keluar lapangan dengan sengaja, yang membuat dia dipastikan absen pada pertandingan melawan Ukraina.
(Uu.H-RF/A016)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2013