Mataram (ANTARA News) - Jamah calon haji asal Nusa Tenggara Barat mulai masuk asrama haji, di Mataram, guna memantapkan kesiapan keberangkatan menuju Tanah Suci, yang dijadwalkan mulai 9 September 2013.

"Sejak kemarin jamaah calon haji NTB kloter pertama masuk asrama haji dan akan diberangkatkan pada Senin (9/9) pukul 17.00 Wita," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi NTB H Usman, ketika dihubungi di Mataram, Minggu.

Ia mengatakan, para jamaah akan berdatangan ke asrama haji secara bertahap sehari sebelum jadwal keberangkatan, guna memantapkan berbagai kesiapan.

Dari Asrama Haji NTB di Mataram, mereka diangkut menggunakan bus khusus langsung ke pintu pesawat yang parkir di apron Bandara Internasional Lombok (BIL), atau tidak melewati jalur penumpang umum di bandara Lombok.

Segala urusaan jamaah calon haji NTB seperti pengecekan administrasi, paspor, dan pemeriksaan kesehatan, telah dibereskan di Asrama Haji NTB, yang berjarak sekitar 40 kilometer dari bandara.

Musim haji tahun ini merupakan momentum kedua pemberangkatan calon haji asal NTB ke Tanah Suci Mekkah, langsung dari Bandara Lombok, tanpa harus melalui embarkasi haji Juanda, di Surabaya, Jawa Timur, karena NTB sudah menggunakan embarkasi dan debarkasi di Lombok, mulai musim haji 2012.

Namun, pesawat pengangkut jamaah NTB masih harus singgah di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, guna mengisi bahan bakar, sebelum bertolak ke Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah.

Menurut rencana Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, akan melepas keberangkatan kloter pertama jamaah calon haji NTB dari Bandara Internasional Lombok.

"Insya Allah, semuanya berjalan lancar sesuai rencana. Jamaah calon haji NTB terbagi dalam 12 kloter dan mulai diberangkatkan 35 hari sebelum Idul Adha 1434 Hijriah," ujarnya.

Ia menyebut rombongan calon haji asal NTB sebanyak 3.599 orang, ditambah 11 orang petugas haji TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia), 11 orang TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia), dan 33 orang TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia), sehingga totalnya mencapai 3.654 orang.

Kloter pertama sebanyak 325 orang asal Kabupaten Lombok Tengah, yang dijadwalkan berangkat 9 September 2013 pukul 17.00 Wita, dan kembali ke Lombok pada 21 Oktober pukul 17.35 Wita.

Kloter kedua sebanyak 325 orang asal Kabupaten Lombok Timur, dijadwalkan berangkat 10 September 2013 pukul 22.00 Wita, dan kembali ke Lombok pada 23 Oktober pukul 02.30 Wita.

Kloter ketiga hingga kloter 11 akan diberangkatkan masing-masing sebanyak 325 jamaah berturut-turut mulai 12 September hingga  24 September.

Sedangkan sebanyak 79 jamaah asal Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur, Kota Mataram, dan Kabupaten Sumbawa, yang tergabung dalam kloter 12, akan bergabung dengan kloter dari embarkasi haji daerah lain. Keberangkatannya disesuaikan dengan kloter tempat bergabung, diperkirakan akhir Oktober.jamaah kloter ke-12

Pewarta: Anwar Maga
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013