Manado (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, memberikan bantuan sebesar Rp88,5 juta bagi 177 jamaah calon haji.

"Bantuan tersebut akan diserahkan sebelum jamaah asal Manado, bertolak menuju embarkasi Balikpapan," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Selasa.

Vicky mengatakan, bantuan tersebut adalah bentuk dukungan Pemkot kepada para calon haji yang akan menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah, Saudi Arabia, selama 40 hari.

"Jangan dilihat dari jumlahnya, tetapi ketulusan kami untuk memberikan dukungan kepada saudara-saudara warga Manado, yang akan menjalankan ibadah rukun Islam kelima, di Tanah Suci nanti," kata Vicky.

Ia mengatakan, bantuan tersebut akan diberikan kepada masing-masing calon haji sebesar Rp500 ribu, sebab saat beribadah di sana, ada banyak ujian dan cobaan yang bisa saja dihadapi sehingga diharapkan bisa lebih kuat dan sabar, sampai kembali.

Wali Kota Vicky berharap, seluruh calon haji yang akan berangkat ini nantinya bisa pulang kembali ke Tanah Air, khususnya Manado, dalam keadaan sehat walafiat untuk ikut mendukung pemerintah dalam menjalankan seluruh programnya pemerintah kota.

Vicky juga menambahkan, mulai tahun depan, bantuan bagi para calon haji Manado, akan dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sehingga jumlah yang diberikan bisa lebih besar dari sekarang, dan bisa banyak membantu mereka di Tanah Suci.

Calon haji Manado, berjumlah 177 orang berumur paling muda 23 tahun dan tertua 80 tahun, dengan jamaah perempuan sebanyak 101 dan laki-laki 76 orang.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013