Padang (ANTARA News)- Sebanyak 369 calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang I embarkasi Padang bertolak ke Jeddah, Arab Saudi, dari Bandara Internasional Minangkabau di Padangpariaman, Selasa pukul 06.30 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Setiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah sekitar pukul 11.11 waktu setempat, rombongan akan langsung berangkat ke Madinah untuk melaksanakan ibadah shalat Arbain di Masjid Nabawi," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumatera Barat Ismail Usman di Padang, Selasa.

Kloter pertama di Mekkah akan ditempatkan di wilayah Mahbas Jin dengan nomor maktab 11 yang merupakan lokasi paling dekat dengan Masjidil Haram, kata dia.

Ia menyebutkan, kloter pertama berasal dari Kabupaten Tanah Datar 201 orang, Kota Padang Panjang 138 orang dan Kota Padang 30 orang.

Sebanyak 369 calon jamaah haji tersebut juga didampingi 5 petugas terdiri dari satu petugas haji, satu pembimbing, satu dokter dan dua perawat.

Secara umum proses keberangkatan kloter pertama berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang dihadapi, kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melepas secara resmi rombongan jamaah calon haji Kloter I Embarkasi Padang di Asrama Haji Tabing Padang pada Senin (9/9) malam.

Pada kesempatan itu, Irwan berpesan kepada seluruh jamaah haji asal Sumatera Barat agar menjaga nama baik daerah ketika berada di Tanah Suci.

Ia juga meminta kepada jamaah agar berdoa di Tanah Suci terutama ditempat-tempat tertentu yang makbul agar Sumatera Barat terhindar dari bencana.

Menurut dia, jamaah haji yang berangkat tahun ini adalah orang yang terpilih mengingat masa tunggu untuk berangkat haji saat ini di Sumbar telah mencapai 10 tahun atau sebanyak 67 ribu orang.

Karena itu mari manfaatkan dengan baik kesempatan yang ada dengan memaksimalkan ibadah di Tanah Suci, kata dia.

Dikatakannya, dengan semakin bertambahnya daftar tunggu keberangkatan haji merupakan indikator tingkat kesejahteraan masyarakat semakin baik.

Ia juga mengingatkan jamaah agar tetap kompak dan menjaga kebersamaan serta saling membantu satu sama lain.

Pada bagian lain, Anggota Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadzily menilai kesiapan embarkasi Padang dalam memberangkatkan jamaah cukup baik.

Berdasarkan hasil rapat dan peninjauan langsung yang dilakukan kesiapan panitia penyelenggara ibadah haji di Embarkasi Padang cukup maksimal dalam melayani keberangkatan jamaah, kata dia.

(KR-IWY/A035)

Pewarta: Ikhwan W
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013